AQL,
Ustad Bactiar
Ustad Bactiar
Tema yang diangkat untuk menjayakan Indonesia di mata dunia, tema yang dimana kita harus berjuang dan tidak boleh lelah untuk bersatu, tidak boleh lelah untuk mempersatukan.
Cerita sejarah ormas islam di Indonesia.
Sejarah oramas islam Indonesia semuanya berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, semua untuk kebahagiaan dan kebaikan bangsa Indonesia. Kisah ini dimulai dengan induk dari ormas islam di Indonesia secara sejarah dari lahirnya jamiat khoir (lembaga yang didirikan oleh kaummer awaliyin yakni kaum kaum Habaib yang merupakan keturunan arab yang ada pertama kali di Indonesia). Sejak tahun 1890 keturunan arab yang sudah berada di Indonesia ini sudah memiliki rasa cinta kepada islam dimanapun mereka berada dikawasan yang menyebar di seluruh Indonesia. Mereka membawa islam karena kasih sayangnya. Kaum ini memiliki perbedaan dengan keturunan lain yang sukanya mengeruk kekayaan Indonesia (kaum penjajah) atau bisnis disini besar besaran dan menerapkan pajak besar besaran kepada masyarakat Indonesia saat itu. Kekayaan yang dimiliki dibawa pulang ke negaranya. Para keturunan arab ini tidak demikian perlakuannya. Kaum habaib ini ketika tinggal di Hindia Belanda merasa resah akibat pendidikan kolonial belanda yang sangat sekuler dan berbahaya baik untuk anak keturunan arab yang ada di Indonesia dan orang Indonesia khususnya muslim. Para penjajah bukan hanya mengeruk kekayaan Indonesia saja tapi juga melakukan praktek kristenisasi (bahasanya memang demikian sesuai dengan apa yang terjadi), mereka melakukannya di sekolah sekolah, klinik rumah sakit, bahkan sampai kepada perniagaan dan bisnis mereka. Sebuah praktek yang merupakan pendangkalan aqidah. Atas dasar inilah kaum Habaib ini membentuk sebuah lembaga.
Tahun 1901 sebagai awal pendirian lembaga ini (117 tahun yang lalu). Dimana visinya sangat luar biasa dan mereka merupakan penggagas pendidikan modern di Indonesia, bagaimana memadukan dua kurikulum antara agama dengan kurikulum Hindia Belanda saat itu. Cara pandang keturunan arab tersebut terhadap ilmu, dimana Ilmu umum yang dipelajari dasarnya juga ilmu sunatullah kauniyah, sedangkan ilmu agama dasarnya adalah wahyu, sehingga sebetulnya ilmu umum dan agama tidaklah bertentangan. Contohnya ilmu astronomi kimia dan fisika, mempelajari sunatullah ilmu kauniyah berupa fenomena alam yang sebetulnya tidak pernah bertentangan dengan wahyu yang telah diberikan yang berkaitan dengan fenomena alam (gejala alam). Maka dibentuklah lembaga pendidikan dan umumnya mereka memberikan kontribusi didalamnya dengan apa yang mereka miliki (harta dan kemampuan). Para penjajah tersebut ketika mengetahui ini semua tetap tidak suka dan menuduh kaum Habaib ini radikal, intoleransi, teroris, makar, ekstrimis (sampai sekarang masih ada orang orang yang memiliki sifat seperti kaum penjajah saat itu). Padahal sudah jelas yang dilakukan kaum habaib ini untuk kemanusiaan, untuk peradapan, untuk kemajuan dan itulah islam. Meskipun di pertentangkan jamiat khoir itu terus berkembang.
Hos Cokro aminoto adalah satu direktur disebuah lembaga jamiat khoir yang telah maju ini. Pendirian syariat/serikat islam setelah menggantikan syariat dagang islam (didirikan di surakarta oleh samanhudi) kedua lembaga ini kemudian di lebur menjadi satngu oleh HOS Cokro Aminoto. Anatomi umat islam ini harus diceritakan supaya ormas islam tidak mengkalaim kelompoknya adalah yang paling benar, akan tetapi memiliki satu tujuan yang sama yakni terlepas dari kekajaman yang diberlakukan kaum penjajah.
Lalu apa hubungannnya ormas islam ini dengan kemerdekaan Indonesia ?
Para ilmuan dari jamiat khoir yang belajar dari para ulama besar dunia memiliki kemampuan menulis dan dapat berinteraksi dengan dunia luar sebagai pusat pergerakan peradapan islam. Akhir puncaknya adalah tokoh ulama dunia mengetahui bahwa ada penjajahan belanda di Indonesia dan ada penjajahan inggris di malaysia. Informasi ini sampai kepada khilafah islamiyah yang ada di Turki Otoman saat itu, sehingga khilafah islamiyah ini mengirimkan pasukannya bantuannya ke Indonesia dan Malaysia. Sikap inilah yang membuat para penjajah takut. Saat itu khilafah islamiyah di Turki Otoman sedang mencapai masa kejayaan/kuat sebelum runtuh tahun 1924. Ketakutan para penjajah dengan adanya khilafah islamiyah, sama halnya seperti saat ini ada sekelompok orang yang ketakutan dengan kata "khilafah islamiyah". Ketakutan saat ini tidaklah beralasan karena sebenarnya khilafah ini memberikan warna dan paran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Kedatang konsul turki otoman yang melakukan protes kepada sikap belanda. Mereka akan siap mengirimkan pasukannya dan siap berjuang memerdekakan Indonesia dari jajahan belanda, dan memerdekakan malaysia dari jajahan inggris. Inilah hasil kerja para ulam ulama saat itu untuk kemerdekaan Indonesia.
Saat itu komunikasi mereka menggunakan bahasa arab, sedangkan komunikasi dalam belajar mengajar yang menggunakan bahasa melayu pada saat " Persis (Persatuan Islam Indonesia) " berdiri di Indonesia.
Tahun 1905 Haji samanhudi pengusaha batik di surakarta menyadari bahwa para penjajah penjajah ini hanya memberikan keuntungan pada pembisnis tiongkok saja tapi menyengsarakan penduduk pribumi (saat ini banyak istilah yang mendegradasi ideologi kebangsaan kita sendiri, ini tandanya bermental kalah). Melihat situasi seperti ini haji samanhudi meskipun dirinya bukan pembisnis yang ingin memperkaya dirinya sendiri, lalu ia membentuk koprasi bersama yang disebut dengan "Serikat Dagang Islam" dengan para pembisnis batik pribumi. Supaya ekonomi umat islam saat itu kuat tidak bergantung kepada para penjajah, ekonomi umat islam kuat tidak akan dipermainkan para penjajah. Di islam dianjurkan untuk jihad harta dulu baru jihad jiwa raga, bagaimana jihad harta jika tidak memiliki uang.
Seharusnya saat ini sesama umat islam yang memiki modal sebaikanya membikin koprasi, untuk memajukan perekonomian umat. Ini cara tepat untuk menang melawan penjajah ekonomi di era sekarang. Negara firlandia, kandinavia, mereka kuat karena dasar perekonomiannya adalah koperasi menghidupan perekonomian masyarakat kecil dan menengah (UKM). Serikat dagang islam yang dipelopori samanhudi mulai mengumpulkan masyarakat kelas menengah kebawah dan samanhudi mengorbankan hartanya sebagai modal awal pendirian koperasi bagi mereka. Maka para penjajah ini mulai ketakutan sehingga menggunakan pembisnia tiongkok untuk mematikan pembisnis pribumi dengan cara apapun. Inilah sejarah ormas islam pada saat itu, setalah umat islam memiliki modal maka ia akan dapat mendirikan sekolah
sekolah, pasar, dan fasilitas umum lainnya seperti rumah sakit. Jamiat khoir akan memiliki fasilitas umum tersebut, memiliki panti asuhan dan membiayai orang orang miskin dan pemuda pemuda yang ingin menikah. Melihat bisnis ini berkembang maka bergabunglah berbagai macam kelompok karena ekonomi telah semakin kuat. Sehingga didirikanlah oleh Haji umar said cokro aminoto "serikat islam"
Diharapkan kepada umat islam di Indonesia untuk merubah cara berfikirnya dari konsumen menjadi produsen. Jika kita ingin mewarisi serikat dagang islam mulai hari ini kita harus berubah cara berfikir dari konsumen menjadi produsen, kita pakai apa yang kita produksi, kita makan apa yang kita masak, saling menjual produk satu sama lain, dan saling membeli produk satu sama lain.
Lambat laun pergerakan islam semakin luas karena mendapatkan dukungan dari luar negeri dan dukungan dari khilafah islamiah di turki ustmani. Ketakutan para penjajah saat itu membuat organisasi ini dibubarkan. Apakah dengan begitu umat islam diam (tidak umat islam justru bangkit). Pada tahun 1911 maka dibentuklah persatuan umat islam dari gabungan dua ormas islam yang besar saat itu (PUI dan PUII ) bergabung, saat itu ormas islam muhamadiyah belum lahir, karena lahirnya (1912), sedangkan NU lahir tahun 1926. Jadi sudah ada ormas islam lahir sebelum NU dan Muhammadiyah.
Muhammadiyah juga saat itu menyadari bahwa ada usaha kristenisasi di yogyakarta (KH ahmad dahlan melihat fenomena ini), kebanyakan kristenisasi yang dilakukan lewat pendidikan, lewat rumah sakit, lewat panti asuhan, kaum misionaris melakukan kristenisasi saat itu. Tergeraklah KH Ahmad dahlan (bahkan beliau bukan orang kaya) mengatasi hal ini dengan melakukan kontribusi besar besaran untuk membangun sarana umum untuk membebaskan masyarakat muslim dari praktek kristenisasi. Aset muhammadiyah sampai saat ini bisa dinikmati (rumah sakit dan pendidikan, pantai asuhan, dll). Walaupun pada awalnya susah, untuk melakukan pendobrakan ini. Maka ormas islam yang satu ini dapat mencerdaskan umat islam di daerahnya masing masing. Dari sisi pendidikan kesehatan dan santunan sosial ormas islam sebenarnya sangat berjasa. Jadi janganlah mau dipecah belah, menuduh saudara sendiri, memfitnah saudara sendiri.
Hasyim ashari pendiri NU 1926, banyak mengayomi masyarakat awam yang banyak terperangkap dalam masalah kemusyrikan karena mereka lemah ilmu. Beliau berjuang lewat pesantren2 dan sekarang siapa yang bisa mengalahkan pendidikan pesantren yang didirikan NU dan ormas mana yang akan mengalahkan NU, sampai sekarang NU adalah benteng ilmu umat islam dibidang pesantren.
Ini sangat menarik karena budaya pendidikan pesantren ini tidak ada di arab, anak kecil remaja nyantri tidak ada, dijaman Rasul tidak ada pantai asuhan karena anak yatim semua di rawat oleh para sahabat. Istilah pesantren cuman ada di Indonesia, orang arab jika datang dan mengetahui kehidupan didalam pesantren dimana mereka hidup jauh dari orang tua untuk menimba ilmu agama, maka orang arab tersebut akan kagum dengan usaha mereka anak anak kecil dan remaja tersebut.
Kaum santri ini yang menginspirasi resolusi jihad dan keinginan mereka disambut oleh bung tomo, untuk tegaknya negara republik Indonesia. Sehingga menjadi tahu peran peran ormas islam dalam sejarah Indonesia. Kita ini bersaudara meskipun ada cara padang yang berbeda (furuq). Perbedaan itu pasti ada tinggal bangaimana kita menyikapi.
Setelah muhamadiyah berdiri pada tahun 1912, berdirilah al irsyad al islamiah yang banyak di inspirasi dari keturunan arab (1914). Sukarno pernah bilang bahwa ketika Indonesia merdeka tidak perlu berterima kasih dengan bangsa arab, karena mereka memang sudah ada ratusan tahun yang lalu hidup bersama bangsa Indonesia, berjuang bersama.
Persis berdiri tahun 1923 dan banya berdiri di jawa barat, Pada tahun 1916 berdiri mataul anwar banyak berdiri di banten dan di lampung. Ormas islam banyak ragamnya dan semua berperan dalam kemerdekaan bangsa Indonesia (ini adalah sejarahnya), Persis merupakan ormas islam pertama yang memiliki metode pembelajaran dengan menggunakan bahasa melayu. Sebelum 1923 kebanyakan pembelajaran di pesantren menggunakan bahasa arab saja. Tetapi tafsir quran pertama di Indonesia yang ditulis dengan bahasa melayu konon menurut pakarnya persis lah yang pertama kali membuatnya. Persis sangat konsen terhadap dakwah pendidikan dan dakwah dalam menulis. Tokoh utama dari gerakan ini terisnpirasi oleh ahmad hasan (orang melayu singapura). Kita memiliki keterikatan hubungan yang kuat satu sama lainnya.
1926 lahirlah Nadratul Ulama, dalam perkembangan dan pendirian ormas islam pastilah ada perbedaan khilafiyah. Tetapi perbedaan itu bukan sebagai faktor yang dapat memecah belah.
Lalu apa hubungannnya ormas islam ini dengan kemerdekaan Indonesia ?
Para ilmuan dari jamiat khoir yang belajar dari para ulama besar dunia memiliki kemampuan menulis dan dapat berinteraksi dengan dunia luar sebagai pusat pergerakan peradapan islam. Akhir puncaknya adalah tokoh ulama dunia mengetahui bahwa ada penjajahan belanda di Indonesia dan ada penjajahan inggris di malaysia. Informasi ini sampai kepada khilafah islamiyah yang ada di Turki Otoman saat itu, sehingga khilafah islamiyah ini mengirimkan pasukannya bantuannya ke Indonesia dan Malaysia. Sikap inilah yang membuat para penjajah takut. Saat itu khilafah islamiyah di Turki Otoman sedang mencapai masa kejayaan/kuat sebelum runtuh tahun 1924. Ketakutan para penjajah dengan adanya khilafah islamiyah, sama halnya seperti saat ini ada sekelompok orang yang ketakutan dengan kata "khilafah islamiyah". Ketakutan saat ini tidaklah beralasan karena sebenarnya khilafah ini memberikan warna dan paran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Kedatang konsul turki otoman yang melakukan protes kepada sikap belanda. Mereka akan siap mengirimkan pasukannya dan siap berjuang memerdekakan Indonesia dari jajahan belanda, dan memerdekakan malaysia dari jajahan inggris. Inilah hasil kerja para ulam ulama saat itu untuk kemerdekaan Indonesia.
Saat itu komunikasi mereka menggunakan bahasa arab, sedangkan komunikasi dalam belajar mengajar yang menggunakan bahasa melayu pada saat " Persis (Persatuan Islam Indonesia) " berdiri di Indonesia.
Tahun 1905 Haji samanhudi pengusaha batik di surakarta menyadari bahwa para penjajah penjajah ini hanya memberikan keuntungan pada pembisnis tiongkok saja tapi menyengsarakan penduduk pribumi (saat ini banyak istilah yang mendegradasi ideologi kebangsaan kita sendiri, ini tandanya bermental kalah). Melihat situasi seperti ini haji samanhudi meskipun dirinya bukan pembisnis yang ingin memperkaya dirinya sendiri, lalu ia membentuk koprasi bersama yang disebut dengan "Serikat Dagang Islam" dengan para pembisnis batik pribumi. Supaya ekonomi umat islam saat itu kuat tidak bergantung kepada para penjajah, ekonomi umat islam kuat tidak akan dipermainkan para penjajah. Di islam dianjurkan untuk jihad harta dulu baru jihad jiwa raga, bagaimana jihad harta jika tidak memiliki uang.
Seharusnya saat ini sesama umat islam yang memiki modal sebaikanya membikin koprasi, untuk memajukan perekonomian umat. Ini cara tepat untuk menang melawan penjajah ekonomi di era sekarang. Negara firlandia, kandinavia, mereka kuat karena dasar perekonomiannya adalah koperasi menghidupan perekonomian masyarakat kecil dan menengah (UKM). Serikat dagang islam yang dipelopori samanhudi mulai mengumpulkan masyarakat kelas menengah kebawah dan samanhudi mengorbankan hartanya sebagai modal awal pendirian koperasi bagi mereka. Maka para penjajah ini mulai ketakutan sehingga menggunakan pembisnia tiongkok untuk mematikan pembisnis pribumi dengan cara apapun. Inilah sejarah ormas islam pada saat itu, setalah umat islam memiliki modal maka ia akan dapat mendirikan sekolah
sekolah, pasar, dan fasilitas umum lainnya seperti rumah sakit. Jamiat khoir akan memiliki fasilitas umum tersebut, memiliki panti asuhan dan membiayai orang orang miskin dan pemuda pemuda yang ingin menikah. Melihat bisnis ini berkembang maka bergabunglah berbagai macam kelompok karena ekonomi telah semakin kuat. Sehingga didirikanlah oleh Haji umar said cokro aminoto "serikat islam"
Diharapkan kepada umat islam di Indonesia untuk merubah cara berfikirnya dari konsumen menjadi produsen. Jika kita ingin mewarisi serikat dagang islam mulai hari ini kita harus berubah cara berfikir dari konsumen menjadi produsen, kita pakai apa yang kita produksi, kita makan apa yang kita masak, saling menjual produk satu sama lain, dan saling membeli produk satu sama lain.
Lambat laun pergerakan islam semakin luas karena mendapatkan dukungan dari luar negeri dan dukungan dari khilafah islamiah di turki ustmani. Ketakutan para penjajah saat itu membuat organisasi ini dibubarkan. Apakah dengan begitu umat islam diam (tidak umat islam justru bangkit). Pada tahun 1911 maka dibentuklah persatuan umat islam dari gabungan dua ormas islam yang besar saat itu (PUI dan PUII ) bergabung, saat itu ormas islam muhamadiyah belum lahir, karena lahirnya (1912), sedangkan NU lahir tahun 1926. Jadi sudah ada ormas islam lahir sebelum NU dan Muhammadiyah.
Muhammadiyah juga saat itu menyadari bahwa ada usaha kristenisasi di yogyakarta (KH ahmad dahlan melihat fenomena ini), kebanyakan kristenisasi yang dilakukan lewat pendidikan, lewat rumah sakit, lewat panti asuhan, kaum misionaris melakukan kristenisasi saat itu. Tergeraklah KH Ahmad dahlan (bahkan beliau bukan orang kaya) mengatasi hal ini dengan melakukan kontribusi besar besaran untuk membangun sarana umum untuk membebaskan masyarakat muslim dari praktek kristenisasi. Aset muhammadiyah sampai saat ini bisa dinikmati (rumah sakit dan pendidikan, pantai asuhan, dll). Walaupun pada awalnya susah, untuk melakukan pendobrakan ini. Maka ormas islam yang satu ini dapat mencerdaskan umat islam di daerahnya masing masing. Dari sisi pendidikan kesehatan dan santunan sosial ormas islam sebenarnya sangat berjasa. Jadi janganlah mau dipecah belah, menuduh saudara sendiri, memfitnah saudara sendiri.
Hasyim ashari pendiri NU 1926, banyak mengayomi masyarakat awam yang banyak terperangkap dalam masalah kemusyrikan karena mereka lemah ilmu. Beliau berjuang lewat pesantren2 dan sekarang siapa yang bisa mengalahkan pendidikan pesantren yang didirikan NU dan ormas mana yang akan mengalahkan NU, sampai sekarang NU adalah benteng ilmu umat islam dibidang pesantren.
Ini sangat menarik karena budaya pendidikan pesantren ini tidak ada di arab, anak kecil remaja nyantri tidak ada, dijaman Rasul tidak ada pantai asuhan karena anak yatim semua di rawat oleh para sahabat. Istilah pesantren cuman ada di Indonesia, orang arab jika datang dan mengetahui kehidupan didalam pesantren dimana mereka hidup jauh dari orang tua untuk menimba ilmu agama, maka orang arab tersebut akan kagum dengan usaha mereka anak anak kecil dan remaja tersebut.
Kaum santri ini yang menginspirasi resolusi jihad dan keinginan mereka disambut oleh bung tomo, untuk tegaknya negara republik Indonesia. Sehingga menjadi tahu peran peran ormas islam dalam sejarah Indonesia. Kita ini bersaudara meskipun ada cara padang yang berbeda (furuq). Perbedaan itu pasti ada tinggal bangaimana kita menyikapi.
Setelah muhamadiyah berdiri pada tahun 1912, berdirilah al irsyad al islamiah yang banyak di inspirasi dari keturunan arab (1914). Sukarno pernah bilang bahwa ketika Indonesia merdeka tidak perlu berterima kasih dengan bangsa arab, karena mereka memang sudah ada ratusan tahun yang lalu hidup bersama bangsa Indonesia, berjuang bersama.
Persis berdiri tahun 1923 dan banya berdiri di jawa barat, Pada tahun 1916 berdiri mataul anwar banyak berdiri di banten dan di lampung. Ormas islam banyak ragamnya dan semua berperan dalam kemerdekaan bangsa Indonesia (ini adalah sejarahnya), Persis merupakan ormas islam pertama yang memiliki metode pembelajaran dengan menggunakan bahasa melayu. Sebelum 1923 kebanyakan pembelajaran di pesantren menggunakan bahasa arab saja. Tetapi tafsir quran pertama di Indonesia yang ditulis dengan bahasa melayu konon menurut pakarnya persis lah yang pertama kali membuatnya. Persis sangat konsen terhadap dakwah pendidikan dan dakwah dalam menulis. Tokoh utama dari gerakan ini terisnpirasi oleh ahmad hasan (orang melayu singapura). Kita memiliki keterikatan hubungan yang kuat satu sama lainnya.
1926 lahirlah Nadratul Ulama, dalam perkembangan dan pendirian ormas islam pastilah ada perbedaan khilafiyah. Tetapi perbedaan itu bukan sebagai faktor yang dapat memecah belah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar