Pengikut

Jumat, 03 Agustus 2018

Manager Training

Manager Training adalah seseorang yang memiliki job deskripsi dan tanggung jawab untuk pengembangan SDM.

Pelatihan dan pengembangan SDM merupakan usaha yang dilakukan untuk membentuk manusia yang berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan kerja dan loyalitas kerja pada suatu perusahaan. Saat ini juga banyak perusahaan yang tidak membangun SDM nya dengan baik, sehingga kualitas SDM dari perusahan tersebut akan mempengaruhi kinerja mereka dalam bekerja. Salah satu pengembangan SDM yang harus dilakukan adalah memberikan pelatihan / pendidikan. Pentingnya karyawan diberikan pendidikan/pelatihan adalah agar karyawan memiliki skill dan mental yang kuat dalam bersaing dan membangun perusahaan. 

Maka dalam memenuhi kebutuhan tersebut perusahan pastilah memiliki manajer pelatihan dan pengembangan, yang diharapkan dapat membangun/menggali potensi karyawan. Dalam pelatihan diberikan materi pelatihan kepada karyawan yang sesuai dengan pengalaman yang diperoleh melalui hasil penelitian yang dilakukan perusahan, sehingga apa yang menjadi goal perusahaan tercapai. 

Selain itu manajer pelatihan juga berperan dalam memilih mentor yang dapat memberikan pelatihan dengan menggunakan metode integrasi dan mengikuti kebutuhan perusahaan. Diharapkan dari pelatihan yang diberikan kepada karyawan adalah kemajuan perusahaan. 

Ada beberapa tujuan pelatihan dan pengembangan SDM :
1. Meningkatkan kinerja karyawan
2. Meningkatkan kemampuan kerja karyawan
3. Karyawan diharapkan memiliki jiwa tanggung jawab kepada perusahan
4. Karyawan memiliki sikap lebih baik
5. Meningkatkan keterampilan karyawan
6. Menggali potensi yang dimiiki karyawan
7. Karyawan diharapkan dapat mampu memecahkan masalah secara rasional
8. Karyawan dapat mengembangkan kariernya diperusahaannya

Tugas dari manager pelatihan : 

1. Manager pelatihan dan pengembangan SDM bertugas dalam perencanaan anggaran pelatihan tiap departemen, adanya biaya tak terduga dan jumlah peserta pelatihan harus sesuai kebutuhan 

2. Mengetahui informasi terkini mengenai keterampilan yang dibutuhkan karyawan yang bersifat relefan agar memiliki kinerja yang baik dan efektif

3. Membuat strategi dan rencana organisasi untuk memenuhi kebutuhan pelatihan dan pengembangan SDM. Mengatur pelaksanaan pelatihan, pengukuran dan tindak lanjut yang diperlukan.

4. Membuat desain program pelatihan yang dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan pelatihan dan bertugas untuk mengatur terlaksananya kegiatan pelatihan menggunakan jasa dari luar perusahaan.

5. Memilih lembaga pelatihan yang berkualitas dan berstandar

6. Melakukan organisir terhadap tempat pelatihan, waktu, logistik, penginapan yang dibutuhkan agar dapat tercapai pelaksanaan pelatihan yang efisien

7. Mengadakan kursus pelatihan secara pribadi sebagai tambahan pelatihan yang diadakan oleh penyedia jasa dari luar perusahaan. 

8. Menyusun dan menentukan semua perlengkapan dan materi pelaksanaan pelatihan

9. Bertugas dalam perekrutan, pengembangan dan pengaturan staf secara langsung.

10. Memastikan bahwa setiap aktivitas memiliki inti dan tujuan serta terintegrasi dengan persyaratan perusahaan untuk manajemen keselamatan kerja, mutu, kesehatan, hukum, dan kebijakan.

11. Melakukan monitoring dan melakukan pelaporan mengenai kegiatan, biaya, kinerja karyawan dan lain sebagainya.

12. Melakukan pengembangan diri dan meningkatkan pengetahuan sesuai dengan bidang yang bersangkutan secara kontinyu. Itulah beberapa tugas manajer pelatihan dan pengembangan SDM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar